Jadikan aktivitas ini kebiasaan Anda sehari-hari untuk mendapatkan efek terbaik.

Tertawa adalah aktivitas positif untuk kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa. Saat tertawa, tak hanya otot-otot wajah yang ikut bergerak, tapi aktivitas ini juga bisa meningkatkan denyut nadi dan melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh, seperti dikutip dari laman Fox News.

Maka itu, jangan tahan keinginan Anda untuk tertawa. Ahli kesehatan, Dr Cynara Coomer menemukan lima alasan terbaik mengapa Anda perlu sering-sering tertawa.

Tertawa sebagai olahraga
Gerakan saat tertawa merupakan salah satu jenis latihan ringan yang bermanfaat bagi kesehatan. Ketika tertawa akan terjadi peregangan otot pada wajah, meningkatkan denyut nadi dan mempermudah penyebaran oksigen ke jaringan tubuh. Namun, hal ini bukan alasan untuk melewatkan latihan di gym, tapi tertawa bisa membuat jantung Anda ‘panjang umur’. Dan yang lebih penting lagi, tertawa bisa mengurangi stres dalam sekejap.

Tertawa untuk Kesehatan
Menonton film komedi, atau mendengar lelucon konyol pasti membuat Anda tersenyum. Tapi jangan hanya tersenyum, tertawa lebih lepas akan membuat Anda lebih sehat. Menurut penelitian, tertawa lepas merupakan kunci untuk tetap sehat dan bugar. Tidak masalah apa yang membuat Anda tertawa, yang terpenting manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan sama.

Meningkatkan daya tahan tubuh secara alami
Tertawa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menangkal berbagai penyakit yang diakibatkan virus, seperti flu. Hal itu karena ketika tertawa, Anda meningkatkan oksigen yang dipompa ke seluruh tubuh. Tubuh yang bergoyang saat tertawa membantu untuk membersihkan sampah dari organ-organ Anda, yang juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat bagi kesehatan mental
Memiliki sikap positif lewat aktivitas tertawa dapat memberi keajaiban ketika Anda sedang dalam suasana hati buruk. Tawa juga bermanfaat bagi otak. Tertawa membantu meringankan beban yang dirasakan saat tertekan karena dirundung masalah. Hal itu karena tertawa melepaskan endorfin, hormon yang memberikan perasaan tenang dan mengurangi kecemasan.

Redakan nyeri
Sejumlah penelitian menemukan, pasien yang mengalami penyakit kronis, saat tertawa bisa mengurangi nyeri dari penyakit yang dialaminya. Tertawa juga bisa mengalihkan pikiran negatif yang kerap dialami pasien dengan sakit parah.

Maka itu, tertawalah setiap saat, entah itu saat sehat maupun sakit. Anda akan merasakan sejuta manfaatnya.