Arsip Rahasia Vatikan (Archivum Secretum Apostolicum Vaticanum) yang berada di kota Vatikan adalah pusat penyimpanan semua tindak resmi Tahta Suci. Disini tersimpan naskah kuno, surat dan publikasi yang tersimpan selama lebih dari 800 tahun.

Arsip-arsip ini juga menyimpan surat-surat kenegaraan, korespondensi, buku-buku catatan para paus, dan banyak dokumen lainnya yang telah dikumpulkan oleh Gereja selama berabad-abad. Di abad ke-17, berdasarkan perintah Paus Paulus V, Arsip Rahasia dipindahkan dari Perpustakaan Vatikan dan menjadi tempat yang tertutup rapat bagi orang-orang di luar Vatikan hingga akhir abad ke-19, yang menimbulkan berbagai desas-desus menganai apa yang disembunyikan disana. Berikut adalah beberapa barang berharga paling langka di rak buku paus.

Archivum Secretum Apostolicum Vaticanum

‘Secretum’, Istilah ini telah digunakan sejak abad ke-15 untuk orang atau lembaga dekat dengan otoritas yang bisa dipercaya. Arsip rahasia Vatikan, ‘bibiloteca secreta’, adalah arsip pribadi dari Paus.

The Pax Veneta

The Pax Veneta ditandatangani pada 1177, menyatakan gencatan senjata selama enam tahun antara Lombard League dan Frederick Barbarossa, Kaisar Romawi Suci. Dokumen ini adalah salinan, bantalan tanda tangan dari wakil kaisar berada di sisi kiri.

Surat Khalifah Maroko

Khalifah Maroko, Abu Hafs Umar Al-Murtada menulis surat kepada Gregorius VII pada tahun 1250, ia meminta pengangkatan seorang uskup baru di Fez. Sebagaimana seharusnya, surat itu dimulai dengan doa “Dalam nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang ‘, yang diikuti oleh Sholawat pada Nabi Muhammad.

Dokumen Clement V

Tentara Perancis menahan semua pengikut sebuah kuil di Perancis pada 1307, menyiksa mereka dan memaksa pengakuan kesesatan. Clement V melakukan penyelidikan sendiri atas peristiwa tersebut pada tahun 1308 yang berujung pada sebuah pemeriksaan terhadap sang Guru kuil tersebut di Chinon.

Dokumen ini, yang hanya menampilkan detail, menyebutkan perintah pengampunan dosa kanonik. Philip the Fair of France bereaksi dengan meningkatkan serangan terhadap kuil, dan empat tahun kemudian masalah ini baru teratasi.
Decameron

Setelah wabah pes menyerang di tahun 1348, pengarang Decameron, Giovanni Boccaccio menjadi lebih reflektif, dengan melakukan konversi moral, mungkin di bawah pengaruh temannya Francesco Petrarca. Sebuah keputusan untuk melaksanakan perintah yang diperlukan demi dispensasi kepausan, dikeluarkan tahun 1360, karena kelahiran haramnya

Surat Kudus Komunitas Clonetto

Selama 30 tahun di akhir abad ke-14 gereja barat terpecah, dengan dua paus pertama dan kemudian tiga dipilih oleh gereja yang bertentangan dengan kolese Suci. Surat kudus ini untuk komunitas Corneto ini melaporkan resolusi perjuangan, dengan pelepasan Gregorius XII, dengan penurunan takhta Yohanes XXIII dan Benediktus XIII serta pemilihan Martin V

Codex

codex ini adalah kompilasi dari materi diambil dari kumpulan dokumen disatukan oleh Rossell Nicolas kardinal yang telah ditugaskan oleh Kardinal Rodrigo Borgia. Naskah ini mungkin berasal dari paruh kedua abad ke-15, karya dua penyalin dan miniaturis yang dihiasi hampir setiap halaman.