Kita kerap membaca tentang orang-orang berpengaruh dari seluruh dunia, bahkan polling tentang itu pun dilakukan setiap tahun. Sosok yang tampil pun berganti-ganti. Tapi 10 daftar orang berpengaruh ini tak tergoyahkan dan selalu ada di setiap masa, menjadi kenangan setiap orang yang hidup di dunia. Beda dengan hasil polling, 10 sosok terkenal ini tak pernah ada dalam dunia nyata. Dongengkah?? Atau legenda? Silahkan dinalai sendiri ndan…

1. Romeo dan Juliet
gambar

Pasangan akan masuk ke perkimpoian ideal mencari hubungan yang didasarkan sepenuhnya pada gairah dan romansa, dan ketika itu meredup, mereka merasa ditipu dan percaya perkimpoian telah gagal. Kenyataannya, gairah asmara bukan satu satunya alasan sebuah keutuhan perkimpoian tapi masih ada komponen lain yakni, rasa hormat, cinta, dan kebaikan.

2. Big Brother
gambar

Namanya muncul setiap kali pemerintah membuat aturan-aturan yang membatasi warganya dalam mengekspresikan kebebasan. Setiap orang mengenali wajahnya semua orang tahu apa yang berarti, dan semua orang takut potensi kehidupannya diatur yang berujung pada pembatasan. Tokoh ini memang tokoh rekaan alias fiktif tapi selalu muncul ketika diperlukan. Tokoh Big Brother ini diciptakan oleh George Orwell untuk novelnya Nineteen Eighty-Four.

3. The Little Engine That Could
gambar

Moral dari kisah anak-anak ini adalah bahwa kepercayaan diri, optimisme, dan kerja keras dalam pencapaian hasil – bahkan tugas yang paling sulit. Buku ini pertama kali muncul tahun 1906 dalam versi yang sedikit berbeda dengan yang ada hari ini. Ini dianggap oleh banyak orang sebagai sebuah metafora untuk “American Dream”. Popularitas buku ini mungkin juga memberi banyak kontribusi pada masalah bagaimana menolong diri sendiri serta bagaimana cara berpikir positif. Seminar-seminar yang membahas tentang filosofi buku ini sampai sekarang masih sering dilakukan.

4. Daedalus dan Icarus, Inspirasi bagi Manusia Menjelajah Planet Lain
gambar

Hanya dalam tempo 24 jam anda dapat terbang ke planet yang lain. Ini adalah prestasi terbesar manusia yang mungkin tak akan pernah terjadi. Hanya Daedalus dan Icarus yang dapat melakukannya. Ini memang tokoh rekaan namun begitu kuat dapat dapat bertahan dari masa ke masa. Kisah ini menceritakan bagaimana Daedalus membangun sayap untuk anaknya Icarus. Nyatanya, sejak kisah mitologi ini ada menjadi inspirasi bagi manusia untuk bisa membuat percobaan agar terbang ke langit. Dan itu menjadi kenyataan di zaman modern ini dimana manusia dapat mencapai langit dan menembus planet lain di luar bumi.

5. Rosie Riveter, Tokoh yang Memberi Inspirasi Wanita Untuk Bekerja di Luar Rumah pada Perang Dunia II
gambar

Rosie si Riveter mengatakan wanita dapat melakukan apa pun yang mereka ingini. Nyatanya, ini menjadi motivasi bagi semua wanita di segala usia untuk keluar dan berjuang melakukan apa yang mereka ingini. Pada masa lalu, di mana kebanyakan wanita hanya tinggal di rumah mengurus keluarga, tapi kisah ini membantu memberi inspirasi pada mereka sehingga mereka pun keluar rumah untuk bekerja di pabrik-pabrik. Ini mungkin menjadi salah satu peristiwa yang paling berpengaruh pada Perang Dunia II. Di masa itu perempuan sudah mulai bekerja di luar rumah. Mereka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang ketika itu hanya dikerjakan kaum laki-laki. Selayaknya para wanita berterima kasih pada Rosie.

6. Marlboro Man
gambar

Iklan Marlboro Man ini begitu terkenal di seluruh dunia, dari masa lalu hingga masa sekarang iklan itu tetap eksis. Tahukah anda bagaimana lahirnya iklan ini? Pada masa lalu ada anggapan bahwa ‘pria sejati’ adalah pria yang tidak merokok filter. Rokok filter hanyalah untuk kaum wanita. Nah hadirnya iklan luar biasa ini awalnya adalah untuk mengkampanyekan bahwa pria sejati pun merokok filter. Atau rokok filter bukan hanya untuk wanita. Adalah rokok Marlboro yang mengkampanyekannya secara besar besar ke seluruh dunia. Hasilnya sungguh dahsyat dan mengubah anggapan kuno tentang rokok filter hanya untuk kaum wanita. Kampanye ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di sepanjang sejarah. Menurut Wikipedia, itu mentransformasikan sebuah kampanye feminin, dengan slogan ‘ringan sebagai Mei’, menjadi satu yang maskulin, dalam hitungan bulan.

7. Koboi
gambar

Kisah kepahlawanan koboi. Koboi adalah pahlawan yang hebat dengan senjata bersinar yang mewakili moralitas cita-cita Barat: kejantanan, membela keadilan, perlindungan perempuan dan anak-anak. Tidak dapat diragukan lagi sekarang ini sekarang ini banyak yang merasa ngeri pada permainan politik para politikus. Pengaruh dari genre film Cowboy tidak bisa dibantah begitu dahsyat. Ada orang yang menyebut, tapi koboi ini nyata?! Ya tetapi ini hanya konsep, bukan tentang orang tertentu. Seperti kita dapat mengatakan Santa sebagai St Nicholas, konsep itu lebih besar dari pada satu orang.

8. Robin Hood
gambar

Ini bisa berpotensi menimbulkan perdebatan mengenai apakah Hood ada atau tidak, tetapi saya berpendapat bahwa dia tidak ada. Oleh karena itu, ia terdaftar sebagai nomor delapan di daftar ini.
Saya yakin kita semua telah mendengar seseorang membenarkan pencurian karena korban kaya – dan di mana pembenaran ini berasal? Bukan hanya prinsip-prinsip redistribusi kekayaan yang banyak di antara kita hidup di bawah di Western Society (baca iri pajak), tetapi kenyataan bahwa sampai hari ini, kita semua percaya Robin Hood adalah pahlawan – meski dalam kenyataannya, ia adalah seorang pencuri. Yang namanya mencuri hampir selalu salah, dan hanya karena Robin Hood memberikan hasil kejahatannya kepada orang miskin, itu bukan pembenaran yang valid. Adapun pajak yang telah disebutkan sebelumnya, ada alasan bagi kita untuk percaya bahwa sebagian besar orang menerima pajak ini karena sebelumnya mereka percaya pada moralitas palsu dari cerita Robin Hood.

9. Barbie
gambar

Barbie telah berkembang menjadi inspirasi bagi setiap wanita muda untuk mengimpikan masa depan dan kehidupannya untuk menjadi sama dengan Barbie yang tampil cantik dan glamour. Orang bertanya-tanya apakah Barbie mempengaruhi anak-anak, atau anak-anak mempengaruhi Barbie.

10. Sinterklas
gambar

Inilah ajaran yang diberikan kepada anak-anak di seluruh dunia bahwa Sinterklas tidak akan datang memberi hadiah pada hari Natal kalau tidak berkelakuan baik. Ajaran yang telah ada sejak jaman dahulu sampai sekarang pun masih diberikan pada anak-anak generasi jaman modern ini. Hampir semua anak-anak diberitahu oleh orang tua mereka, bahwa Santa akan member mereka hadiah jika mereka nakal.
Nyatanya, ajaran ini memang cukup efektif bagi pendidikan anak-anak agar mereka berkelakuan baik.