Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk kompetisi game terlama akhirnya pecah di Bandung. Pemecahan dilakukan oleh gamer yang berkompetisi DotA Allstar. Sebelumnya rekor msin game terlama dipegang oleh DIY.

Tepatnya, rekor 125 jam nge-game oleh kompetisi games DotA Allstar dalam acara Evex 2009 IT, Gaming & Computer Expo yang digelar di Be Mall, Jalan Naripan, Bandung dicatat dalam Musium Rekor Indonesia (MURI). Ini memecahkan rekor sebelumnya yaitu 122 jam.

“Ini untuk edukasi kepada masyarakat bahwa game bukan merupakan hal yang negatif. Kompetisi ini juga untuk menjaring bibit-bibit baru para gamer untuk ajang kompetisi di tingkat internasional” ujar Felix Tanuwijaya, Project Manager Make Your Dream Come True (MDCT), event organizer acara tersebut.

Rekor kompetisi games e-sport terlama 125 jam nonstop ini memecahkan rekor sebelumnya yang dicacat di Medan pada bulan Mei 2008. “Bandung memecahkan rekor sebelumnya kompetisi games terlama 122 jam di Medan,” kata perwakilan MURI J Ngadri yang mewakili Jaya Suprana yang batal hadir karena sakit.

Rekor tersebut merupakan rekor ke empat yang dicatat oleh MURI dalam kategori kompetisi games. Pertama rekor dibukukan lomba game tanpa kabel yang pertama digelar di Bandung Trade Center dengan waktu 100 jam di awal tahun 2007.

Kemudian di bulan November 2007, rekor tersebut pecah setelah APKOMINDO DPD DIY menggelar kompetisi games 111 jam. Setelah itu Telkom Divre I Sumatera dan DotA Medan (komunitas gamers Medan – red) menumbangkan rekor DIY dengan menggelar kompetisi games selama 122 jam.

“Kami akan terus mencatat prestasi yang dilakukan oleh bangsa ini untuk memotivasi yang lainnya” pungkas Ngadri. Kompetisi game DotA Allstar menjadi bagian dari acara Evex 2009 IT, Gaming & Computer Expo, yang digelar dari tanggal 3-8 Februari 2009.