“Pernah ada rasa cinta
antara kita kini tinggal kenangan
Ingin kulupakan
semua tentang dirimu
Namun tak lagi kan seperti dirimu
oh bintangku
Jauh kau pergi meninggalkan diriku
disini aku merindukan dirimu
kini ku coba mencari penggantimu
namun tak lagi kan seperti dirimu
oh kekasih”

Syahdan, lagu ‘Tinggal Kenangan’ yang dinyanyikan Geby populer lebih dulu di Bali dan Jawa Timur. Di Denpasar, lagu ini ngetop di kalangan ABG sejak pertengahan 2007 dan biasa disebut ‘Lagu STMIK’. Meskipun berbeda judul, syairnya tetap sama.

Lagu itu biasa dikenal sebagai ‘Lagu STMIK’ karena kabarnya peciptanya adalah kekasih Geby yang kuliah di salah satu STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) di Denpasar. Ini adalah salah satu versi cerita misteri Geby dan lagu Tinggal Kenangan.

“Lagu ini disebut lagu STMIK karena penciptanya kabarnya orang STMIK,” kata penyiar Radio CDBS, Ferdy, kepada detik.com, akhir pekan lalu. Ini tentunya versi lain dari misteri Geby dan lagu ‘Tinggal Kenangan’.

Beberapa radio swasta di Bali juga kerap memutar lagu ini pada acara musik Indie, seperti radio CDBS. “Kita pernah memutarnya sejak pertengahan hingga akhir 2007,” kata Ferdy.

Meskipun sering memutar lagu ini, Ferdy tak mengetahui dengan pasti siapa pencipta dan penyanyi lagu misterius ini. “Pokoknya saat memutar lagu ini kita sebut lagu orang STMIK,” katanya.

Ferdy menuturkan bahwa lagu tersebut sangat terkenal di kalangan remaja di Denpasar. “Kita sering memutarnya karena lagunya familiar,” katanya.
Kalangan ABG di Denpasar pun mengaku mengenal lagu ini sejak akhir tahun 2007. “Saya sering mendengar di radio dan di HP,” kata mahasiswi Desak Made Parnadewi.

Versi lagu “Tinggal Kenangan” yang penciptanya punya nama Gaby. Apakah kalian tahu bahwa kalau lagu ini penuh kontroversial. Katanya orang kalau pencipta dan penyanyi Lagu ini sudah meninggal bunuh diri gara-gara pacarnya meninggal.

Masih penasaran, namun belum jelas dan lengkap ceritanya.

Sebenarnya begini ceritanya:

Namanya Gaby alias Ega, Dia anak SMU blora di Madiun (katanya), dia juga anak Band khususnya vokal (band Caramel (Stikom Bali)), sewaktu itu dia kelas 3 SMA mau menempuh ujian pastinya. Dia punya pacar anak pembalap, suka balapan motor. Nah, pas masa-masa ujian itu mereka jarang komunikasi karena sibuk belajar. Tanpa diketahui Gaby, ternyata pacarnya meninggal gara-gara kecelakaan. Orang tua pacarnya maupun teman-temannya tidak mau beri tahu Gaby, karena takut mengganggu konsen belajarnya.

Akhirnya setelah selesai ujian, Gaby ke rumah pacarnya bermaksud untuk ketemu, so pasti kangen lah, dan mau marah-marah juga karena kenapa setelah ujian pacarnya tidak beri kabar apa-apa. Teruz pas di rumah pacarnya, Gaby kaget kok rame-rame, banyak orang baca yasin. Ibu pacarnya akhirnya beri tahu ke Gaby kalau pacarnya udah tidak ada alias meninggal!

Gaby syok banget pastinya, Dia stress berat! Teman dan keluarganya mendukung dia untuk bangkit. Sampai akhirnya dia berhasil menciptakan lagu itu, Mungkin isinya tentag perasaannya yah? Niatnya lagu itu akan dipentaskan pas perpisahan sekolah. Tapi sayangnya Gaby memilih ketemu ma pacarnya, dia dikabarkan gantung Diri! Itu terjadi di Tahun 2007 kemarin.

Nah setelah itu menyebarlah lagu-lagunya Dan banyak yang bilang setelah mendengarkan lagu itu banyak yg didatangi cewek cantik alias hantunya Gaby. Katanya juga banyak kejadian-kejadian gitu sekitar bulan desember yaitu pas bulan kelahiran Gaby.

Selain itu, lagu ini kan sebenarnya tidak sampai habis, karena kepotong. Maklum “katanya sich” direkam pake HP jadi ada lirik lagu yang keputus. Di lagu versi ini ternyata terdapat secret word-nya yang hanya terdengar bila lagu itu direverse. Tapi setelah direverse (diputar terbalik) terdengar kata-kata berikut:

“Ku ingin memiliki nafasmu jikalau aku mati
Bisakah Aku memiliki nafasmu jikalau aku mati”