Bagi sebagian orang, nonton film di bioskop adalah kegiatan yang mengasyikkan. Bahkan sudah menjadi hobi atau kegiatan rutin. Penikmatnya pun beragam, dari mereka yang masih duduk di bangku sekolah, hingga yang sudah berkeluarga. Tak ingin ketinggalan menyaksikan film-film terbaru, apalagi jika pemainnya adalah sang idola.

Nah, sebelum Anda menginjakkan kaki dan duduk manis di depan layar bioskop, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat Anda jadikan pedoman, agar acara nonton terasa nyaman.

1. Karena sudah hobi, nonton bioskop adalah rutinitas yang selalu terjaga. Mahal dan murah menonton bioskop ditentukan dari beberapa variabel, jenis film, lokasi nonton, dan teman nonton. Jenis film, kalau dulu ada beda antara film barat, film Indonesia, dan film India. Namun sekarang relatif sudah sama karena kualitasnya “mungkin” memang sudah sama.

2. Tentukan lokasi nonton. Lokasi mahal biasanya memberikan fasilitas yang memuaskan, suara bagus, gambar fokus. Sedangkan lokasi murah memberikan layanan sebaliknya, filmnya banyak dipotong, suara campur dengan film sebelah. Untuk yang terakhir ini, di Kota Medan sepertinya sudah tidak ada lagi.

3. Teman nonton. Jelas ini variabel penting. Kalau menonton bersama teman bisanya janjian di bioskopnya, beli tiket, bayar, nonton, pulang, beres, murah sekali. Nonton bersama pacar, lain lagi. Jemput, jalan, makan dulu, shoping beli tiket, nonton, beres, makan malam, antar pulang, dst. Budget yang dikeluarkan akan lebih mahal.

4. Bedakan film bagus berkualitas. Sesuaikan tempatnya, kalau film festival taruh di bioskop bagus, film dengan aksi dan efek spektakuler taruh di bioskop mahal, film yang ga jelas, nonton di rumah ajah, pakai dvd player.

5. Pilih teman nonton yang tepat. Kalau teman bisa di tengah-akhir bulan, kalau pacar di awal bulan biar servisnya full. Malu kan kehabisan duit.

6. Pastikan film apa yang ditonton lewat ‘Paket NOMAT’ alias nonton hemat. Karena bayarnya hemat, filmnya juga hemat alias banyak dipotong. Jangan tertipu.

7. Rajin-rajin lihat review film dalam dan luar, biar nggak menyesal nantinya.

8. Jangan percaya review teman, banyak menjebaknya, lihat baik-baik selera dia, level selera.

9. Cari dahulu jadwal film yang biasanya terpampang di bioskop, atau di koran. Bisa juga dengan melihat di website atau dengan sms. Sehingga Anda tidak bingung menentukan film mana yang akan ditonton. Waktu pun tidak terbuang percuma.

10. Jangan berisik saat berada dalam bioskop. Matikan atau silence-kan ponsel Anda serta hayati jalan cerita filmnya